Suka-suka

Anda ingin tahu hal-hal menarik dan unik disekitar anda tapi anda tidak sempat mencarinya karena sibuk? Tak perlu khawatir. Disini saya akan memberikan informasi-informasi ringan khas Arfura Kingdom untuk menambah wawasan anda mengenai apa saja yang perlu anda ketahui. . .

Minggu, 25 November 2012

Kebaya Punya Cerita...

Sheila Majid pernah menggelar perhelatan istimewa yang elegan yakni “A Charity Gala Tribute to Women featuring Dato Sheila Majid in Aid of Institute Jantung Negara, Malaysia.” Dalam acara tersebut, wanita kelahiran 3 Januari 1965 ini mengenakan baju kebaya termahal di dunia.
Kebaya tersebut merupakan rancangan khusus rumah mode Couture Kebaya Kondang di Malaysia, Cosry.  Sheila tampil bak seorang ratu, karena salah satu dari tiga kebaya yang dikenakannya bertabur ratusan berlian persembahan Mouwad Diamond, produsen berlian kondang dunia. Katanya kebaya bertahta ratusan berlian ini dicatat dalam 'Guinnes Book of Record' sebagai busana panggung paling mahal dunia. Bagaimana tidak, jika mulai dari materi bahan kebayanya saja  merupakan materi bahan termahal persembahan Fancy Textile yang terbuat dari bahan brukat Perancis dengan kisaran harga di bawah Rp 10 juta. Belum lagi ratusan berlian dengan warna dominan hitam dan putih yang berasal dari afrika Selatan, Belgia dan Swiss akan mempercantik busana kebaya tersebut.
Bayangkan, berlian satu karat yang menempel pada kebaya itu saja dihargai sekitar Rp 2 miliar. Sementara kebaya yang dikenakan Sheila bertabur begitu banyak berlian yang membuat bobot kebaya mencapai 10 kilogram. Belum lagi berlian ukuran besar yang akan menjadi aksesoris dalam bentuk bross juga tampak mempercantik Sheila. Satu berlian besar pun diperkirakan harganya lebih dari Rp 10 miliar. Maka tak heran konsep acara yang dibuat mulai dari Fashion Show 30 koleksi kebaya Cosry dan konser lagu-lagu hits Sheila yang dikenal masyarakat Indonesia dan Malaysia ini digelar dengan pengawalan ketat.
Dan seusai acara, baju kebaya yang dinobatkan sebagai kebaya termahal di dunia itupun dilelang

Kebaya berasal dari bahasa Arab ‘abaya’ yang berarti ‘pakaian’ dan diperkenalkan lewat bahasa Portugis ketika mereka mendarat di Asia Tenggara. Kata Kebaya diartikan sebagai jenis pakaian (atasan/blouse) pertama yang dipakai wanita Indonesia pada kurun waktu abad ke-15 atau ke-16 Masehi. Argumen Lombard tentu berterima terutama lewat analogi penelusuran lingustik yang toh sampai sekarang kita masih mengenal ‘Abaya’ yang berarti tunik panjang khas Arab. Sementara sebagian yang lain percaya Kebaya ada kaitannya dengan pakaian tunik perempuan pada masa kekasiran Ming di Cina, dan pengaruh ini ditularkan setelah imigrasi besar-besaran menyambangi semenanjung Asia Selatan dan Tenggara di abad ke-13 hingga ke-16 Masehi. Lalu menyebar ke Malaka, Jawa, Bali, Sumatera dan Sulawesi. Setelah akulturasi yang berlangsung ratusan tahun, pakaian itu diterima di budaya dan norma setempat.Sebelum 1600, di Pulau Jawa, kebaya adalah pakaian yang hanya dikenakan keluarga kerajaan di sana. Selama masa kendali Belanda di pulau itu, wanita-wanita Eropa mulai mengenakan kebaya sebagai pakaian resmi. Selama masa ini, kebaya diubah dari hanya menggunakan barang tenunan mori menggunakan sutera dengan sulaman warna-warni. Kita perlu menilik penyebaran dan masuknya Islam di Indonesia (abad ke-15) untuk mengetahui perkembangan kebaya modern saat ini. Keislaman sangat kuat memengaruhi siluet kebaya di awal-awal perkembangannya. Dugaan kuat mengatakan Kebaya awalnya merupakan atasan panjang berbentuk tunik sederhana yang menjulur dari leher hingga lutut (baju kurung). Hal ini mengingatkan kita akan abaya dan kebaya Melayu. Pakaian semacam ini serta-merta menggeser kemben tradisional. Di beberapa pelosok Indonesia bahkan bisa ditemukan wanita yang tampil tanpa atasan apapun (Bali, Lampung, Jawa). Kebiasaan berbusana macam itu juga ikut tergeser, meski dalam beberapa acara adat harus berbusana seperti itu lagi, terutama di Bali. Dokumentasi lama milik keluarga kerajaan dan keraton (Surakarta, Yogyakarta, Cirebon) di tanah Jawa masih merekam kebaya panjang ini dengan beberapa ornamen kenegaraan yang terpasang di beberapa sisinya (abad ke-19). Gelang dan jam dikenakan diluar lengan kebaya, sementara bros serangkai (tiga berjajar) tersemat di bagian depan membentuk suatu penutup. Jenis ini akhirnya merambah permainan bahan. Katun kasar dan tenun tradisional tentu saja menjadi cikal bakalnya. Namun beludru, sutra, dan katun halus kemudian menggantikan bahan-bahan keras tadi sesuai dengan masuknya koloni Eropa ke Indonesia dan membuka jalur perdagangan tekstil antar negara (sejak abad ke-18.Kesesuaian selanjutnya bertitik tolak dari pola dan corak. Modifikasi, inovasi, dan kreatifitas membawa angin segar fesyen Kebaya masa ini. Ia bagaikan lepas tanpa ikatan. Putu baru, kebaya tunik pendek hingga tlisman mengemas banyak warna dan permainan motif yang cantik di awal abad ke-19. Kurun abad ke-19 dan masa pergerakan di awal abad 20 adalah kala gemilang bagi Kebaya. Kebaya berada di masa yang marak dikenakan masyarakat Indonesia, juga kaum pendatang Eropa dan Cina dengan ragam penyesuaiannya. Sebelum dikelas-kelaskan, Kebaya yang hampir merata dipakai oleh kaum perempuan Indonesia begitu lazimnya hingga kreasi-kreasi khusus dilakukan oleh kaum bangsawan dan dalam istana. Kebaya bangsawan dan keluarga Kraton terbuat dari sutra, beludru, dan kain tebal berornamen (brocade); golongan awam mengenakan bahan katun dan tenun kasar; kaum keturunan Eropa biasanya mengenakan kebaya berbahan katun halus dengan aksen lace (brokat) di pinggirnya; sedangkan untuk perempuan Belanda mengenakan kebaya katun dengan potongan yang lebih pendek. Saat itu bahkan banyak orang Eropa dan Belanda sendiri membeli aneka kebaya di Nederland. Masa ini Kebaya mulai disusupi unsur sinkretisme kelas. Ada Kebaya Keraton dan Bangsawan yang berornamen benang emas (sulam gim) dengan bahan beludru. Potongan khusus yang dipakai oleh perempuan kelas atas juga memberi bekas yang nyata seperti halnya kebaya Kartini. Pakem-pakem mulai terbentuk. Pola-pola tertentu dibatasi dalam garis darah biru. Kebaya mulai dikaplingkan dalam kelas-kelas kasta yang paradoksal.

Nasionalisme merebak tahun 1920-an. Organisasi-organisasi tradisional Indonesia maupun bentukan pemerintahan Hindia Belanda menyerukan nasionalisme dengan lantang. Kondisi politik saat itu juga memengaruhi preferensi fesyen masyarakatnya. Kebaya yang terlanjur Nasional dianggap bercitra pribumi dengan segala perjuangannya. Wanita keturunan Eropa dan Belanda meninggalkan kebaya sebagai pakaian sehari-hari mereka karena citra tradisional yang indigenous tadi. Periode ini meminimasi perkembangan fesyen Kebaya. Hampir tidak ada inovasi material yang signifikan, apalagi bentukan dan pola siluetnya. Kondisi seperti ini berlangsung hingga dua dekade berikutnya sampai yang terburuk tiba. Periode 1942-1945 adalah yang terburuk dengan catatan paling minim tentang keadaan Indonesia, termasuk fesyennya. Perempuan di masa pendudukan Jepang jatuh di tempat paling rendah sepanjang sejarah. Tanpa kecuali; pribumi, keturunan Eropa, keturunan Cina, dan Belanda dijebloskan di penjara dan dipekerjakan dengan keras. Kebaya dipakai oleh tahanan perempuan Indonesia, sedangkan kemeja dan terusan dikenakan oleh keturunan Eropa dan Belanda. Peraturan tidak tertulis ini, entah bagaimana, berlaku hampir di setiap kamp-kamp tahanan Jepang. Di sini, Kebaya bersifat pribumi, lainnya koloni. Jangan berfikir tentang inovasi, produksinyapun jatuh mengenaskan. Kenyataannya, pendudukan Jepang di Indonesia juga memutus jalur perdagangan tekstil dan perlengkapan penunjangnya. Banyak rumah produksi kebaya tutup. Perusahaan kain Batik yang marak di periode itu juga wajib membuat solusi padat karya untuk sekedar bertahan. Solusi yang paling banyak dianut adalah merger antar beberapa perusahaan kecil yang membuat kain batik, kebaya, dan industri konveksi rumahan. Tapi tidak berdampak banyak bagi perkembangan fesyen masa itu. Perubahan suhu politik terjadi tiap jam. Perang Dunia ke-II adalah masa-masa kelam bagi fesyen tanah air, bahkan dunia. Kecuali Chanel dan Hugo Boss yang memang kekasih fasis kala itu, banyak rumah mode di dunia mengalami kemunduran.

Lagi-lagi faktor politik berkecamuk. Revolusi besar kemerdekaan Indonesia tahun 1945 membawa Kebaya pada konstelasi nasionalis yang lebih absolut. Dari sekedar tradisional yang pribumi, Kebaya menjalar menjadi nasionalis dan bernafas kemerdekaan. Para wanita terdidik yang dekat dengan pemerintahan Soekarno saat itu banyak mengenakan aneka kebaya, terutama jenis putu baru dan Kebaya encim yang masih ada jejaknya sekarang ini. Sebagian orang menanggapi kondisi ini sebagai masa-masa keemasan Kebaya sampai tahun 1960-an. Hampir semua wanita, baik itu di kantor, di rumah, di manapun tampil berkebaya. Citra nasional yang dibawa Kebaya begitu kuatnya, tetapi melekat pada kaum aristrokrat tertentu yang berpihak pada Soekarno. India, Cina, dan sebagian Asia Tenggara mendominasi pasar tekstil Indonesia. Sentimen Barat pada Soekarno, dan sentimen Soekarno sendiri pada Barat membatasi jalur pertukaran komoditi Eropa dan Indonesia. Yang terlihat adalah aneka corak dan warna-warna Kebaya yang beragam. Potongan dan pola-pola lama kembali meruak meski masih memegang pakem-pakem yang tercipta dari abad sebelumnya.

Belum pulih benar Kebaya dari trauma politiknya, ia harus mengalami sekali lagi pukulan itu. Peralihan kekuasaan dari tangan Soekarno ke pemerintahan Orde Baru di bawah Soeharto tahun 1965 menempatkan Kebaya di posisi lemah. Citra-citra dan simbol-simbol yang diemban Kebaya di masa Soekarno membuat ia dijauhi. Kaum perempuan yang merasa tidak terlibat dengan gejolak politik Orde Lama (Soekarno) memilih untuk tidak mengenakan Kebaya. Terusan modern dan kemeja-kemeja wanita lebih digemari ketimbang Kebaya. Perlahan namun pasti, Kebaya tersingkir dalam kotak eksklusif Dharmawanita (organisasi wanita istri pegawai negeri yang terbentuk sejak tahun 1974). Dengan warna jingga salem-nya, Kebaya menjadi seragam resmi organisasi ini.

Hingga tahun 1980-an Kebaya semakin terkucil di kalangan istri Militer dan pegawai negeri, meski beberapa desainer lokal macam Iwan Tirta mencoba melestarikannya. Kabar baiknya adalah peran informasi dan pertukaran komoditi antar negara kembali terbuka lebar. Tinggal bagaimana tangan-tangan kreatif anak Bangsa memanfaatkannya. Tidak memakan waktu lama, awal tahun 90-an Ghea Panggabean melakukan eksperimen berarti pada Kebaya. Dalam lingkup kelas atas, Ia memanfaatkan bahan sutra organdi dan serat-serat alam lain yang tergolong mewah menjadi Kebaya. Di kalangan elit dan perempuan berpendidikan, Kebaya macam ini, yang kemudian banyak juga dikembangkan oleh desainer lokal lain, memiliki predikat khusus. Ia sah digunakan di acara-acara formal baik bersifat pribadi, keluarga, maupun kenegaraan. Tahun 90-an pula Kebaya mulai mendapat tempat yang lebih luas. Bahkan dipandang mempunyai janji ekonomi yang besar. Desainer-desainer Indonesia sepakat, Kebaya adalah genre khas dari dunia fesyen yang menjanjikan. Mereka mulai meliriknya, memelajarinya, dan kemudian berkreasi dengannya. Kuncinya adalah inovasi! Sepertinya tuntutan kreasi dan aksentuasi dari para pemakai juga menjadi faktor besar yang mendorong Kebaya kembali ke era abad-19—masa dimana Kebaya punya kebebasan untuk berkembang.Terpisah dari kebaya tradisional, perancang mode sedang mencari cara memodifikasi desain dan membuat kebaya menjadi pakaian yang lebih modern. Kebaya yang dimodifikasi itu malah bisa dikenakan dengan jins atau rok. Perkembangan kebaya saat ini sangatlah bervariasi, mulai dari model kebaya Kartini yang di modifikasikan, hingga kebaya modern yang anggun dipadukan dengan kain ataupun celana panjang. Dengan pemakaian bahan dan warna yang beragam, kebaya adalah pilihan busana yang cocok digunakan untuk acara siang hari ataupun malam hari. Bahkan para remaja putri juga bisa mengunakan kebaya sebagai pilihan.

Bagaimanapun fashion trend kerap berubah dari waktu ke waktu, kebaya tetap memiliki tempat tersendiri dalam dunia fashion tanah air. Mulai dari acara kartini-an, kenegaraan hingga pesta perkawinan. Begitu juga saat hari raya.

Mengenal Anne Avantie

Berbicara mengenai baju kebaya, rasanya kurang lengkap tanpa menyebut nama Anne Avantie. Siapa saat ini yang tidak mengenal brand name Anne Avantie? Desainer nomor satu di Indonesia untuk urusan Kebaya Modern. Beliaulah yang pertama mempelopori dan mengekplorasi model pembuatan kebaya hingga jadi tren nasional seperti sekarang ini. Tetapi selain sebagai seorang Desainer Top, tahukah kita seperti apa sosok kepribadian seorang Anne Avantie yang sesungguhnya?
Saat ini, khalayak pada umumnya hanya mampu melihat Sang Maestro Kebaya dari sisi glamoritasnya saja. Sepintas terbayang hidup enak yang dijalani dengan ketenaran dan harga jual Kebaya kreasinya yang kini sungguh fantastis! Namun, pernahkah terbersit di benak qta, bahwa ada masa-masa dimana seorang Anne Avantie harus menjual kipas angin, TV, setrika, hanya untuk makan keluarganya?
Yup! Tetapi begitulah adanya. Dalam bukunya yang berisi perjalanan hidupnya saat mencari jati diri dan pergulatan dengan hidup, beliau menuturkan dengan penuh kejujuran segala cobaan yang dialami sebelum semua airmata dan kerja kerasnya berbuah manis. Pengalamannya dengan klien-klien yang menuntut, tertipu langganan, berhadapan dengan penyitaan Bank hingga cacian para Debt Collector ( penagih utang ). Belum lagi penghinaan dari para pemilik toko bahan yang menolak menjual kain-kainnya dengan cara nge-bon saat Anne jatuh. Terpuruk mungkin adalah kata yang terlalu ringan untuk mendeskripsikan penderitaan Anne semasa itu semua terjadi.
Dalam situasi yang seakan tak pernah bermurah hati kepadanya, Anne selalu mencari penghiburan dan perlindungan kepada Tuhan. Beliau adalah seorang katolik. Dan 'Doa' nya kepada Yesus baginya adalah segala-galanya. Putus asa tentu pernah menghampiri. Perasaan ingin menyerah juga tak asing dialami. Tetapi teman dan keluarga selalu bisa memulihkan semangat. Terutama dalam hal pencarian spiritualnya dengan Tuhan. Sumber kekuatan dan daya juang. Terasa nyata semua bimbingan dan bantuan kasih-Nya di setiap cobaan yang teramat berat. Satu per satu, pintu kemudian mulai terbuka....
Anne Avantie, adalah seorang yang tak pernah kenal menyerah. Keadaaan yang serba kekurangan tidak menghalanginya untuk terus berkarya dan berusaha. Buku "Aku, Anugrah dan Kebaya" tidak dipenuhi omong kosong tak berarti. Semuanya ditulis dari hati yang paling dalam. Dipenuhi aura rasa syukur.
Banyak hal yang bisa kita pelajari soal hidup dan kepahitannya juga bagaimana melewatinya dari Sang Maestro. Ini juga yang membuat orang-orang sangat mengaguminya. Karyanya murni, menggarap dan menciptakan gaya baru sebelum ada yang melirik untuk mengolah kebaya. Sampai kini Kebaya Modern ciptaannya telah menjadi tren setter dan bahkan kebanggaan Nasional di kancah Dunia.
Bukan hasil dari sebuah lompatan asal jadi, booming-nya Kebaya Modern Anne Avantie berasal dari tempaan hidup yang kemudian mem[rosesnya menjadi Anne yang lebih kuat dan juga siap. Tepat seperti Emas yang diuji dalam api. Lingkaran keluarga dan para sahabat menjadi sumber inspirasi dan dukungan moral. Karena itulah mereka sangat penting dalam hidupnya. Keluarga yang solid.
Dan Anne pun terus berkarya. Dari tangannya terwujud Kebaya-Kebaya Cantik yang tadinya tak terbayangkan bisa ada. Lebih suka untuk mengerjakan langsung ide-idenya di atas kain dan patung, Anne Avantie justru mementingkan hasil daripada sebuah gambar sketsa yang nampak sempurna. Tidak selalu gambar yang indah bisa benar-benar terwujud pada karya nyata. Jadi menurutnya hasil nyata berupa kebaya yang mempesona jauh lebih kuat 'berbicara.'
Jadi jika kebetulan para calon desainer yang tidak bisa menggambar dengan bagus, jangan kecil hati karena Anne telah membuktikan, seorang desainer mapan tidak harus pintar menggambar, karena Beliau bukan pelukis melainkan perancang busana.
Di luar semua kesibukkannya mengurus butik dan klien, Anne menyempatkan diri mengurus sebuah badan amal untuk para bayi dan anak-anak penderita Hydrocephalus, yaitu pembengkakan pada kepala. Wisma Kasih Hydrocephalus pun dirintis dari nol. Bermula dari permintaan bantuan seorang anak bernama Aris, Anne pun tergugah dan menjadi yakin bahwa Tuhan menginginkannya untuk berkarya disini.
Banyak pihak meragukan kesungguhan Anne yang seorang perancang busana untuk sungguh-sungguh terjun ke dalam pelayanan sosial ini. Pasalnya, profesi perancang busana dianggap dekat sekali dengan gaya hidup glamour dan pergaulan high class. Namun seiring berjalannya waktu semua omongan miring itu pun tertepiskan sudah. Anne membuktikan bahwa niatnya dalam melayani pun bukan niatan semusim. Termasuk saat ada gosip miring yang menyebutnya sebagai Waria gara-gara Anne terjun dalam pelayanan kaum Waria dan Gay yang menjalani Hidup Baru.
Sekali lagi, keluarga adalah pusat kehidupan Anne Avantie. Hal ini memberikan contoh peneguhan bagi siapa saja yang sedang diguncang prahara rumah tangga. Kekompakan dan keterbukaan serta kejujuran adalah kunci menuju kelanggengan dan kesuksesan dalam arti yang sebenarnya. Apalah artinya harta jika tiada cinta yang dibagi untuk orang-orang terkasih? Inilah sisi lain dari seorang desainer kondang negeri ini. Sisi yang patut diteladani dan dibanggakan


Sumber:
http://ratnamaliki.blogspot.com/2010/02/kebaya.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Kebaya
http://id.88db.com/id/Knowledge/Knowledge_Detail.page?kid=34072
http://www.payetgaunpesta.com/2010/01/sisi-lain-seorang-anne-avantiesang.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar